Mari Lestarikan bahasa KEPO

Image

Kepo

     Hari ini saya menuangkan pemikiran saya hari ini tentang kata “KEPO”. Mungkin karena saya seorang anak yang lugu, saya hanya ikut saja apa itu tentang kata KEPO. Tapi rasa penasaranpun muncul. Sayapun mencari di mbah google. “Ketika seseorang tahu tentang segala hal meskipun hanya sekelebat mata, atau ketika orang tahu banyak yang mungkin menjadi keunggulannya”. Itulah sepenggal pengertian dari kata KEPO. Setelah browsing dan mencari hal yang tidak penting saya mendapatkan sebuah situs yang khusus memuat bahasa gaul. KEPO adalah singkatan dari Knowing Every Particular Object dimana seseorang serba tahu apa saja. Namun menjadi masalah jika seseorang selalu ingin tahu. Bahkan ada yang mengartikan bahwa KEPO Ke = Bertanya, Po (Apo)= Nenek2. Jadi artinya nenek2 yg suka bertanya2. Pingin tau banget gitu..

     Tapi tahukah anda. Ternyata terdapat sisi lain dari kata KEPO. Kepo ternyata merupakan sebuah bahasa daerah di Indonesia. Menurut Kitab Wikipedia Kepo’ adalah bahasa yang digunakan suku Kepoq di Pulau Flores.Bahasa ini merupakan rumpun bahasa Austronesia. Namun sayang, penutur kata ini menurut data yang ada, hanya tersisa sekitar 40.000 orang. Sayapun mencari lebih lanjut tentang bahasa ini. Tidak terdapat banyak informasi tentang bahasa ini. Sebagai seorang yang mencintai bangsa ini marilah kita melestarikan bahasa tradisional yang ada di Indonesia. Jangan sampai kita kehilangan jati diri kita menjadi bangsa yang penuh dengan keragaman budaya. Saya bangga menjadi bangsa Indonesia. Jaya terus bangsaku. Artikel ini hanyalah sebuah hasil pikran. Jika ada kesalahan, koreksi dari pihak yang lebih tahu akan sangat membangun. Salam pena dari saya. (RYE)

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Kepo’

http://kitabgaul.com/word/kepo

Leave a comment

Filed under Review dan Tulisan

Leave a Reply

