Makna Natal,Refleksi di Penghujung Tahun

Sejak kecil momen natal adalah momen yang paling saya tunggu. Sama seperti pemikiran anak usia saya. Hadiah natal berupa makanan, mainan ataupun pakaian. Sehelai baju baru ataupun bingkisan snack sudah membuat diri saya yang masih kecil begitu gembira. Beruntung masa – masa kecil, saya masih berbuat baik. Buktinya, saya tidak dimasukkan karung sama pit hitam dan dibuang ke tengah laut. Saya masih diberi hadiah oleh paman Santa. Waktu terus berlanjut hingga saya remaja. Dimana saya menanti momen natal karena selalu ada pertunjukan drama ataupun pujian koor bersama teman – teman. Semua saya lalui dengan perasaan senang dan gembira.

Tetapi, apakah Natal hanya sekedar makanan,pakaian, ataupun hanya senang – senang belaka. Suatu kesalahan jika hanya demikian. Makna natal seharusnya kita maknai sebagai hari lahirnya Yesus di dunia. Tidak hanya sebagai seorang bayi di palungan, tetapi sebagai Raja di atas dunia ini. Bukan saatnya gereja menganggarkan biaya yang begitu besar, tetapi tidak membawa dampak bagi masyarakat luas. Bukan saatnya jemaat hanya berpangku tangan, menikmati euforia natal dan lupa bahwa di luar gereja masih banyak yang membutuhkan uluran tangan. Bukan saatnya pelayan Tuhan sibuk hanya dengan acara natal, tetapi tidak mempunyai hati dan motivasi yang benar untuk melayani Tuhan. Tulisan ini juga sebagai refleksi bagi kita semua bahwa natal adalah titik balik bagi tiap umat Tuhan. Titik balik untuk bertobat dan kembali kepada Yesus. Bertobat bukan karena terdesak, bukan juga karena isu ramalan kiamat, sehingga beberapa orang menjadi bertobat. Itu sesat ! tidak ada satu orangpun yang tahu kapan dunia ini akan berakhir. Tetapi bagaimana kita bertobat karena kita menyadari dari hati bahwa tidak ada yang abadi di dunia. Yang terbaik hanya untuk kemuliaan Tuhan. Selamat Natal.(RYE)

Leave a comment

Filed under Review dan Tulisan

Leave a Reply

